Pengembangan bahan ajar IPA kelas V SD/MI berbasis inkuiri terbimbing pada materi gaya dan gerak, pesawat sederhana, dan sifat-sifat cahaya

Main Author: Umami, Rikha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9788/1/Rikha%20Umami%201403096101.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9788/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi belum terpenuhinya buku ajar IPA kelas V SD/MI yang berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui prosedur pengembangan dan kualitas bahan ajar yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (R&D). Tahap penelitian ini terdiri dari pengumpulan potensi dan masalah, pengumpulan data, pembuatan desain produk, validasi desain, dan revisi desain. Kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh berdasarkan penilaian komponen kelayakan isi diperoleh skor rata-rata 4,60, komponen tahapan proses inkuiri terbimbing diperoleh skor rata-rata 4,83, dan komponen teknik penyajian diperoleh skor rata-rata 5,00 dengan kategori sangat baik. Komponen penilaian aspek materi secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik dengan jumlah skor rata-rata 4,81 dan presentase keseluruhan sebesar 95%. Penilaian aspek media berdasarkan komponen desain media diperoleh skor rata-rata 4,58 dan komponen kebahasaan diperoleh skor rata-rata 4,75 dengan kategori sangat baik. Penilaian aspek media secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik dengan jumlah skor rata-rata 4,76 dan presentase keseluruhan 93%.