Hubungan pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela terhadap perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Syarifudin, Rifqi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9787/1/skripsi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9787/
ctrlnum 9787
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9787/</relation><title>Hubungan pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela terhadap perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019</title><creator>Syarifudin, Rifqi</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pemahaman Materi Akhlak Terpuji dan Akhlak Tercela Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/ 2019. &#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada data-data nomerikal (angka), yang diolah dengan metode statistika. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan mengambil seluruh populasi yang terdiri dari satu kelas. Jadi, Subyek penelitian ini sebanyak 24 peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk mencari data tentang pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela. Sedangkan untuk mencari data tentang perilaku peserta didik menggunakan instrumen angket. &#xD; Hasil penelitian diketahui rata-rata variabel pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga dalam kategori cukup dengan rata-rata pemahaman sebesar 16,292, yang berada pada interval 16 &#x2013; 17. Sedangkan hasil perhitungan rata-rata variabel perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga dalam kategori sedang dengan rata-rata perilaku sebesar 73,292, yang berada pada interval 71 &#x2013; 76. Kemudian menghitung product moment untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel, yaitu pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela dengan perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga.&#xD; Setelah dihitung menggunakan teknik product moment hasilnya adalah 0,484. Kemudian di konsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,344, dengan ketentuan rxy (0,484) &gt; rtabel (0,05 = 0,344). Kemudian diketahui bahwa rxy lebih besar dari rtabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela terhadap perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga tahun pelajaran 2018/ 2019.</description><date>2019-01-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9787/1/skripsi.pdf</identifier><identifier> Syarifudin, Rifqi (2019) Hubungan pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela terhadap perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. </identifier><recordID>9787</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syarifudin, Rifqi
title Hubungan pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela terhadap perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019
publishDate 2019
topic 297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9787/1/skripsi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9787/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pemahaman Materi Akhlak Terpuji dan Akhlak Tercela Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada data-data nomerikal (angka), yang diolah dengan metode statistika. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, dengan mengambil seluruh populasi yang terdiri dari satu kelas. Jadi, Subyek penelitian ini sebanyak 24 peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen tes untuk mencari data tentang pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela. Sedangkan untuk mencari data tentang perilaku peserta didik menggunakan instrumen angket. Hasil penelitian diketahui rata-rata variabel pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga dalam kategori cukup dengan rata-rata pemahaman sebesar 16,292, yang berada pada interval 16 – 17. Sedangkan hasil perhitungan rata-rata variabel perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga dalam kategori sedang dengan rata-rata perilaku sebesar 73,292, yang berada pada interval 71 – 76. Kemudian menghitung product moment untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel, yaitu pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela dengan perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga. Setelah dihitung menggunakan teknik product moment hasilnya adalah 0,484. Kemudian di konsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,344, dengan ketentuan rxy (0,484) > rtabel (0,05 = 0,344). Kemudian diketahui bahwa rxy lebih besar dari rtabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara pemahaman materi akhlak terpuji dan akhlak tercela terhadap perilaku peserta didik kelas IV di MI Muhammadiyah 02 Slinga Kaligondang Purbalingga tahun pelajaran 2018/ 2019.
id IOS2754.9787
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-07-21T06:44:45Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:16Z
recordtype dc
_version_ 1765821524918403072
score 17.538404