Implementasi metode reading aloud dan drill dalam pembelajaran baca tulis Qur’an (BTQ) pada siswa kelas 2 di MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang tahun 2018
Main Author: | Shoimah, Ni'matus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9785/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9785/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi metode reading aloud dan drill dalam pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) pada siswa kelas 2 di MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) dengan bantuan metode reading aloud dan drill. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, guru kelas 2 dan siswa siswi kelas 2 di MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, kategorisasi, dan sintesis. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) di MI Walisongo Jerakah Tugu Semarang mengatakan bahwa: 1) implementasi metode reading aloud dalam pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) di MI Walisongo Jerakah Tugu semarang sangat efektif. Terlihat pada minat membaca siswa dalam pembelajaran BTQ. 2) Implementasi metode drill dalam pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) memiliki hasil yang bagus. Metode drill membantu siswa dalam melatih menulis, keterampilan menulis dan kemampuan menulis huruf-huruf Arab.