Hubungan antara les privat matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang

Main Author: Kamilawati, Rizkiyah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9782/1/RIZKIYAH%20KAMILAWATI___1403096083.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9782/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Hubungan Antara Les Privat Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019 di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Adapun rumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimanakah les privat matematika siswa kelas VI di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. 2) Bagaimanakah prestasi belajar matematika siswa kelas VI di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. 3) Adakah hubungan antara les privat matematika dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas VI semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui les privat matematika siswa kelas VI di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. 2) Untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas VI di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. 3) Untuk mengetahui seberapa besar Hubungan antara les privat Matematika dengan prestasi belajar Matematika siswa kelas VI semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019 di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni penelitian yang bekerja dengan angka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode angket, tes dan dokumentasi. Subyek penelitian sebanyak 36 responden yang diambil dengan menggunakan teknik penelitian populasi. Hasil analisis data untuk mengetahui seberapa besar kecilnya sumbangan variabel X (les privat matematika) terhadap variabel Y (Prestasi belajar matematika) di hitung menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah diketahui dari perhitungan statistik dengan rumus korelasi product moment terdapat hubungan yang positif antara les privat matematika (variabel X) terhadap prestasi belajar matematika (variabel Y) siswa kelas VI semester gasal tahun pelajaran 2018/2019 di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang. Hal ini ditunjukkan oleh r_xy = 0,637 dan rtabel dengan taraf 5% = 0,329 Karena rxy (0,637) > rtabel (0,329) berarti signifikan. Dengan demikian terdapat korelasi positif antara Les Privat Matematika dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI Semester Gasal Tahun Pelajaran 2018/2019 di MI Miftahul Akhlaqiyah Tambakaji Ngaliyan Semarang.