Pengaruh metode classwide peer tutoring (CPT) terhadap pemahaman konsep ilmu pengetahuan alam materi kenampakan permukaan bumi pada siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal tahun ajaran 2017/2018

Main Author: Balighoh, Ana Farkhatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9781/1/Anna%20Farkhatul%20Balighoh___1403096077.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9781/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran IPA di MI NU 33 Johorejo Kendal masih banyak siswa yang mendapat nilai dibawah KKM. Penyebabnya adalah kurang bervariasinya metode yang digunakan guru, sehingga siswa cenderung bosan saat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Classwide Peer Tutoring (CPT) berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran IPA materi Kenampakan permukaan Bumi di kelas III MI NU 33 Johorejo Kendal. Jenis Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah posttest-only control design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil analisis posttest menggunakan uji t diperoleh thitung = 8,206 dan ttabel = 1,682. Maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Pada kelas eksperimen nila rata-ratanya adalah 89,7727 dan kelas kontrol nilai rata-ratanya adalah 69,5455. Kesimpulan yang didapat adalah rata-rata kemampuan pemahaman konsep IPA materi kenampakan permukaan Bumi pada siswa kelas III MI NU 33 Johorejo Gemuh Kendal yang menggunakan metode Classwide Peer Tutoring (CPT) lebih baik dibanding dengan kelas yang menggunakan metode konvensional.