Efektivitas penerapan metode reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits materi pokok surah Al-Takāṡur kelas III MI Sunniyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan tahun pelajaran 2018/2019

Main Author: Nurhasanah, Laily
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9773/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9773/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya metode reading aloud terhadap kemampuan membaca surah al-Takāṡur pada siswa kelas III MI Sunniyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi pertama berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi kedua berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan metode reading aloud. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 78,91 dan kelas kontrol = 74,39. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 2,24 > 1,669. Dari hasil pengujian menandakan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an surah al-Takāṡur menggunakan metode reading aloud lebih efektif pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan data normal gain kemampuan membaca Al-Qur’an pada materi surah al-Takāṡur, diketahui siswa keefektifan kemampuan membaca Al-Qur’an pada kelas eksperimen mengalami peningkatan 30% siswa dalam kategori sedang dan kelas kontrol mengalami peningkatan 18% siswa dalam kategori rendah. Hasil penelitian diperoleh bahwa metode reading aloud efektif digunakan untuk pembelajaran Al-Qur’an Hadits terhadap kemampuan membaca surah al-Takāṡur di MI Sunniyah 1 Selo Tawangharjo Grobogan Tahun 2018/2019.