Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think talk write terhadap keterampilan menulis paragraf argumentatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Futuhiyyah Mranggen Demak tahun ajaran 2018/2019
Main Author: | Nur, Dewi Mardhiyyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9766/1/DEWI%20MARDHIYYAH%20NUR___1403096058.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9766/ |
Daftar Isi:
- Think Talk Write merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dibangun melalui proses berpikir, berbicara, dan menulis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap keterampilan menulis paragraf argumentatif peserta didik. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 48 peserta didik dengan 24 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition. Sampel kedua berjumlah 24 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap keterampilan menulis paragraf argumentatif. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai postest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write diperoleh rata-rata nilai 76,37, sedangkan hasil nilai kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write diperoleh rata-rata nilai 71,71 berdasarkan uji t_hitung= 1,861 dan t_tabel=1,678 jadi t_hitung> t_tabel sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima.