Pengaruh model pembelajaran time token berbantu media gambar terhadap keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V materi menanggapi persoalan faktual di MI Mambaul Ulum Karangawen Demak tahun ajaran 2017/2018
Main Author: | Nikmah, Mamluatun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9764/1/Mamluatun%20Nikmah___1403096050.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9764/ |
Daftar Isi:
- Time token merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan sosial sehingga menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau diam sama sekali dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya model pembelajaran time token berbantu media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Kelas Vb berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Kelas Va berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran time token berbantu media gambar. Berdasarkan data yang diperoleh, Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil t_hitung>t_tabel yaitu 3,444 > 1,677. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran time token berbantu media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia materi menanggapi persoalan faktual di MI Mambaul Ulum Karangawen Demak.