Pengaruh pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak terhadap sikap peduli sosial kelas V di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Main Author: Fawazah, Elok Rosikhotul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9759/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9759/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas pengaruh pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap peduli sosial kelas V di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap peduli sosial kelas V di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang sebanyak 30 responden. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh positif antara variabel X dan Y, Berdasarkan perhitungan Fhitung diperoleh hasil 7,37. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% = 3,34 dan 1%= 4,20. Karena harga Fhitung > Ftabel maka terdapat pengaruh positif dan signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap peduli sosial. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemahaman siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap sikap peduli sosial kelas V di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2017/2018.