Pengaruh penerapan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis materi pecahan siswa kelas V MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2018/2019
Main Author: | Handayani, Hana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9758/1/pdf%20gabungan%20full.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9758/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berpengaruh atau tidaknya penerapanpendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Skripsi ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan eksperimen. Sampel pertama dari penelitian ini adalah kelas V Abdurrahman (kelas VA) yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan kelas V Salman Al Farisi (kelas VB) yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan yang diperoleh, rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen= 81,72 dan kelas kontrol = 71,55. Hal ini menandakan bahwa komunikasi matematis menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) lebih berpengaruh pada kelas eksperimen dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik efektif digunakan untuk pembelajaran komunikasi matematis di MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang Tahun pelajaran 2018/2019.