Implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam mengembangkan keaktifan belajar siswa kelas 4E MIN Kalibuntu Wetan Kendal tahun ajaran 2017/2018

Main Author: Trihapsari, Endang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9752/1/lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9752/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran tematik dengan pada kurikulum 2013 kelas IVE di MIN Kalibuntu Wetan Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru, dan siswa kelas IVE MI N Kalibuntu Wetan Kendal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dilengkapi pedoman observasi dan pedoman wawancara sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman yang terdiri reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di kelas IVE MIN Kalibuntu Wetan Kendal pada tema Kayanya Negeriku sub tema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia, sudah berlangsung baik. Pembelajarannya yang dilaksanakan sudah sesuai dengan ciri – ciri dari pembelajaran tematik yaitu: pembelajaran sudah berpusat pada anak, pemisahan antar mata pelajaran tidak begitu jelas, menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran, bersifat fleksibel dan, menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan menyenangkan. Guru juga telah melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan scientific yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan.