Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa kelas I MI Pesantren Pembangunan Cibeunying Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap tahun 2017/2018
Main Author: | Masykuri, Masykuri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9751/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9751/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang kesulitan membaca permulaan pada Siswa Kelas I MI Pesantren Pembangunan Cibeunying kecamatan majenang Kabupaten Cilacap Tahun 2017/2018. Kemampuan membaca permulaan merupakan kemampuan dasar pada jenjang pendidikan dasar dan sekolah dasar (SD /MI) merupakan satuan pendidikan yang memberikan kemampuan dasar tersebut sebagaimana yang dinyatakan dalam Bab II pasal 6 ayat 6 PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yakni Kualitatif Deskritif yang mana memaparkan dan menggambarkan hasil penelitian yang dilakukan. Penelitian ini mendiskripsikan tentang kesulitan membaca permulaan pada Siswa Kelas I MI Pesantren Pembangunan Cibeunying kecamatan majenang Kabupaten Cilacap. Faktor–Faktor yang menghambat Siswa dalam Kesulitan Membaca Permulaan pada kelas I MI Pesantren Pembangunan Cibeunying banyak dipengaruhi Malas belajar membaca, Tidak Sekolah Taman Kanak-Kanak dan Kelurga tidak mendampingi belajar siswa. Solusinya di terapkan guru adalah memeberikan inovasi-inovasi baru dalam memebaca permulaan. Hasil dari penelitian ini yang melalui observasi, wawancara dengan Kepala sekolah, Guru kelas I dan Siswa kelas I MI pesantren pembangunan Cibeunying kecamatan majenang kabupaten cilacap menghasil bahawa secara umum dari 31 siswa MI pesantren pembangunan cibeunying kecamatan majenang kabupaten cilacap ada 18 siswa MI pesantren pembangunan cibeunying kecamatan majenang kabupaten cilacap yang mengalamai kesulitan dalam membaca permulaan.