Hubungan kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV MI Al Khoiriyyah 01 Semarang tahun ajaran 2018/2019
Main Author: | Afriyanti, Nofia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9750/1/NOFIA%20AFRIYANTI___1403096002.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9750/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor internal siswa yang sangat berpengaruh dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika yaitu kecerdasan visual spasial. Dalam mencapai prestasi belajar matematika khususnya pada materi geometri siswa membutuhkan pengimajinasian gambar dan bentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan adanya pengaruh yang signifikan antara kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas IV MI Al Khoiriyyah 01 Semarang. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV MI Al Khoiriyyah 01 Semarang dengan sampel sebanyak 19 siswa kelas IV B yang diambil dari teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan metode angket dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : terdapat hubungan kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi r = 0,625 dan koefisien determinasi r^2=0,391. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi kecerdasan visual spasial terhadap prestasi belajar matematika adalah sebesar 39,1%. Jadi, semakin baik kecerdasan visual spasial siswa maka semakin baik hasil belajar siswa.