Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak pada peserta didik kelas V MI Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Semarang tahun pelajaran 2017/2018

Main Author: Fauziah, Vika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9748/1/VIKA%20FAUZIYAH___133911102.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9748/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar peserta didik kelas V M.I. Miftahul Akhlaqiyah Beringin Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari 55 peserta didik kelas V. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Metode tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik sedang metode angket digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas V. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis perhitungan diperoleh rhitung = 0,755. Untuk taraf signifikansi 5% dengan df = 55 – 2 = 53 diperoleh rtabel = 0,2656, sedangkan taraf signifikansi 1% dengan df = 55 – 2 = 53 diperoleh rtabel= 0,3445. Untuk taraf signifikansi 5% diperoleh 0,755 ≥ 0,2241, sedangkan untuk taraf signifikansi 1% = 0,755 ≥ 0,3129. Karena rhitung ≥ rtabel maka Ha (Hipotesis Alternatif) diterima dan Ho (Hipotesis Nihil) ditolak. Dengan demikian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar mata pelajaran akidah akhlak peserta didik kelas V M.I. Miftahul Akhlaqiyah Beringin Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018.