Pengaruh metode garismatika terhadap prestasi belajar siswa kelas III pada pembelajaran matematika materi pokok perkalian di MI Negeri 04 Brebes

Main Author: Khairunnisa, Dikna Faradilla
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9747/1/SKRIPSI%20JADI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9747/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan masih sederhana, kurangnya perhatian anak saat pembelajaran, dan kemauan belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode garismatika terhadap prestasi belajar siswa kelas III pada pembelajaran Matematika materi pokok perkalian di MI Negeri 04 Brebes. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MIN 04 Brebes. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini Nonequivqlent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas Eksperimen. Teknik pegumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Kelas eksperimen dalam pembelajarannya menggunakan metode garismatika dan kelas kontrol dalam pembelajarannya tidak menggunakan metode garismatika. Dari data akhir yang diperoleh bahwa rata-rata kelompok eksperimen X ̅_1= 76,54 dan rata-rata kelompok kontrol X ̅_2= 63,70, n_1 = 27 dan n_2 = 26 diperoleh t_hitung = 4,03 dengan α=5% dan dk = 51 diperoleh t_tabel = 1,675. Karena t_hitung>t_tabel maka Ho ditolak dan H_a diterima. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara pembelajaran dengan metode garismatika dan pembelajaran tanpa menggunakan metode garismatika.