Pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh otoriter dan demokratis terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019
Main Author: | Puspaningtyas, Cyntia Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9746/1/skripsi.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9746/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh otoriter dan demokratis terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Kajiannya dilatarbelakangi oleh peran pemilihan pengasuhan yang tepat menunjang tingkat kemandirian peserta didik. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Adakah pengaruh persepsi siswa tentang pola asuh otoriter terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019, kemudian Adakah pengaruh persepsi pola asuh demokratis terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MI Islamiyah Desa Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode instrumen angket penelitian, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument angket untuk menjaring data tentang pola asuh otoriter (Variabel X1), pola asuh demokratis (Variabel X2). Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan objek penelitian 20 responden. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu pola asuh otoriter dan demokratis (X) sebagai variabel bebas dan kemandirian siswa (Y) sebagai variabel terikat. Data kedua variabel yang telah didapatkan kemudian dikumpulkan dan diolah untuk mengetahui serta menjawab permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik korelasi regresi berganda dan uji t. Dari hasil analisis menunjukan ada Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pola Asuh Otoriter dan Demokratis Terhadap Kemandirian Siswa Kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 11,6 > 1,734. Dari hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa Ho ditolak dan HI = diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pola asuh otoriter dan demokratis terhadap kemandirian siswa kelas V MI Islamiyah Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang tahun pelajaran 2018/2019.