Pengaruh persepsi siswa tentang perhatian orang tua dalam mendidik di lingkungan keluarga terhadap keaktifan belajar siswa kelas III di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Semarang tahun Pelajaran 2018/2019
Main Author: | Rosita, Ade |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9745/1/SKRIPSI%20JADI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9745/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini mengambil seluruh populasi dari siswa kelas III yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket untuk memperoleh data variabel X yaitu perhatian orang tua dan varibel Y yaitu keaktifan belajar siswa kelas III di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor. Penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dalam mendidik di lingkungan keluarga dengan keaktifan belajar siswa kelas III di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari hasil uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 3,995 > 2,086. Dari hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa Ho ditolak dan HI = diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang perhatian orang tua dalam mendidik di lingkungan keluarga terhadap keaktifan belajar siswa.