Integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an Bulakwaru Tarub Tegal
Main Author: | Himmawati, Nilna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9737/1/PDF%20FUL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9737/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Integrasi Kurilum Pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an Tarub Tegal. Kajiannya dilatar belakangi oleh persepsi bahwas sekolah dianggap belum mampu mencetak generasi paripurna seperti yang dicita-citakan bangsa, karena kurangnya pengembangan nilai-nilai moral-spiritual dalam kurikulum pendidikan sekolah. Berdasarkan hal tersebut, kurikulum pesantren dianggap sebagai salah satu solusi dalam rangka mengembalikan jatidiri sekolah sebagai pusat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an Tarub. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Takhasus Al-Qur’an Tarub Tegal. Sumber data yang digunakan meliputi: informan, tempat, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Adapun hasilnya mencakup: (1) Perencanaan integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an Tarub meliputi beberapa kegiatan diantaranya: penentuan tujuan, menentukan organisasi isi kurikulum, menentukan strategi pembelajaran dan menentukan evaluasi pembelajaran.(2)Pelaksanaan integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an sangat didukung oleh kemampuan guru yang mengajar. Pelaksanaan kurikulum berbasis pesantren juga tampak adanya kitab-kitab salaf (kitab kuning) sebagai sumber belajar beserta metode pembelajaran pesantren seperti bandongan, dan ceramah. (3) Evaluasi integrasi kurikulum pesantren di SMP Takhasus Al-Qur’an dilaksanakan dengan menggunakan model CIPP (context, input, process, dan product).