Strategi peningkatan mutu pendidik dengan analisis SWOT di SDIT Bina Insani Semarang

Main Author: Firila, Dina Fanny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9731/1/skripsi%20full.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9731/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Strategi peningkatan mutu pendidik berbasis analisis SWOT di SDIT Bina Insani Semarang. 2. Implikasi mutu pendidik berbasis analisis SWOT di SDIT Bina Insani. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif dan menggunakan uji validitas dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: strategi peningkatan mutu pendidik berbasis analisis SWOT di SDIT Bina Insani Semarang menggunakan konsep analisis SWOT dimulai dari tahap: menganalisis faktor pendidik dari internal dan eksternal, memberikan skor,nilai dan bobot di setiap variabel pendidik di kekuatan,kelemahan,peluang serta ancaman. Hasil dari analisis swot SDIT Bina Insani berada di posisi Kuadran SO, yang mendukung strategi agresif untuk mendukung peningkatan mutu sekolah menciptkan strategi yang memanfaatkan kekuatan untuk menangkap peluang yang ada. Strategi yang diupayakan oleh sekolah untuk meningkatkan mutu pendidik yaitu mengefektifkan kegiatan KKG,PPG, dan PKG untuk memecahkan masalah-masalah yang ditemui pendidik dalam PBM,memberdayakan pendidik untuk menggunakan teknologi informasi dalam PBM,mengitensifkan kegiatan keagamaan untuk membentuk pendidik yang iman dan taqwa, dan mengefektikan kegiatan pelatihan atau seminar dalam pengembangan profesional pada pendidik. Implikasi dari strategi yang telah diupayakan oleh sekolah ialah pendidik dapat mengajar sesaui dengan materi dan mengaplikasikan dengan alat teknologi dan komputer, pendidik dapat membaca Al-Quran dengan tartil serta dapat menngunakan metode pembelajaran yang kreatif dan aktif. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat menjadi bahan pemikiran, informasi, dan masukan tentang mutu pendidik bagi lembaga pendidikan, para pemikir pendidikan, mahasiswa, dan seluruh pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas, Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.