Strategi peningkatan mutu pendidik dalam program excellent di MTs Negeri 02 Brebes

Main Author: Dewi, Frischa Bunga Permata
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9730/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9730/
Daftar Isi:
  • Berbicara mengenai kualitas pendidikan maka tidak akan lepas dari peningkatan mutu pendidik. Pendidik atau guru merupakan unsur utama dalam keseluruhan proses pendidikan dan di setiap jenjang pendidikan, khususnya ditingkat institusional dan instruksional. Tanpa guru, pendidikan hanya menjadi slogan semata karena segala bentuk kebijakan dan program pada akhirnya akan ditentukan oleh kinerja pihak yang berada digaris depan yaitu guru. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimanakah perencanaan strategi, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut untuk peningkatan mutu pendidik dalam program excellent di MTs Negeri 2 Brebes? 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam peningkatan mutu pendidik dalam program excellent di MTs Negeri 2 Brebes? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program excellent di MTs Negeri 2 Brebes. Pada kajian perencanaan strategi, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut peningkatan mutu pendidik dalam program excellent di MTs Negeri 2 Brebes, menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan strategis di MTs Negeri 2 Brebes dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah dengan merencanakan program MGMP yang perencanaannya menggunakan analisis kebutuhan. 2) Pelaksanaan program peningkatan mutu di MTs Negeri 2 Brebes hanya dilaksanakan 8 kali pertemuan. Pada pelaksanaan MGMP lebih memfokuskan pada cara memulai proses MGMP. 3) Penilaian program peningkatan mutu di MTs Negeri 2 Brebes menggunakan alat tes berupa instrumen yang memuat persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, kegiatan inti, penilaian dan penutup. Di dalam penilaian, didapatkan hasil bahwa guru-guru di MTs Negeri 2 Brebes telah mencapai target dengan baik. 4) Tindak lanjut program peningkatan mutu di MTs Negeri 2 Brebes adalah dengan memberikan bimbingan dan pembelajaran ulang yang dilakukan oleh guru inti kepada para guru yang belum mencapai target.