Analisis Tingkat Respon Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Semarang dalam Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Berdasarkan Taksonomi SOLO (The Structure of the Observed Learning Outcome)
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas mengenai analisis tingkat respon siswa dalam menyelesaikan soal-soal Fisika berdasarkan taksonomi SOLO. Kajiannya dilatarbelakangi bahwa seringkali ketepatan siswa dalam merespon suatu permasalahan tidak ditindaklanjuti, sehingga tidak diketahui dimana letak kesalahannya. Ketepatan hasil belajar siswa dapat tercermin dari respon yang diberikan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Fisika. Berdasarkan respon tersebut, maka dapat dilihat tingkat respon siswa, sehingga terlacak dimana letak ketidaktepatan siswa dalam merespon soal-soal Fisika tersebut. Salah satu cara untuk melacak tingkat respon siswa adalah dengan taksonomi SOLO (The Structure Of The Observed Learning Outcome). Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengidentifikasi ragam soal Ujian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Fisika kelas XI di SMA Negeri 5 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012 berdasarkan Taksonomi SOLO. 2) Untuk mengetahui respon siswa kelas XI SMA Negeri 5 Semarang dalam menyelesaikan soal Ujian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Fisika Tahun Pelajaran 2011/2012 berdasarkan Taksonomi SOLO. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif eksploratif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif persentase, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam soal dan kualitas respon siswa dalam menyelesaikan soal Ujian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Fisika. Sedangkan teknik pengambilan datanya menggunakan dokumentasi dan pengambilan sampelnya dilakukan secara acak (random sampling). Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Berdasarkan taksonomi SOLO ragam soal Ujian Akhir Semester Gasal mata pelajaran Fisika kelas XI Tahun Pelajaran 2011/2012 di SMA Negeri 5 Semarang bervariasi, yaitu: multistruktural (M) yang terdapat pada soal nomor 36a; relasional (R) yang terdapat pada soal nomor 36b, 37, 38a, 39a, 39b, 40a, dan 40b; serta abstrak diperluas (E) yang terdapat pada soal nomor 38b. 2) Tingkat respon siswa bervariasi, di antaranya: prestruktural (P) diberikan pada soal nomor 36a sampai dengan soal nomor 40b; unistruktural (U) diberikan pada soal nomor 36a, 36b, 37, 39a, 39b, 40a, dan 40b; multistruktural (M) diberikan pada soal nomor 36a, 36b, 37, 38a, 38b, 39a, dan 40a; relasional (R) diberikan pada soal nomor 36a, 36b, 37, 38a, 39a, 39b, dan 40a; serta abstrak diperluas (E) diberikan pada nomor 38b dan 39a. Tingkat respon yang tepat paling tinggi diberikan pada soal nomor 40a yaitu level relasional (R) dengan persentase 84%.