Analisis pengaruh marketing mix rahn terhadap pertimbangan nasabah dalam pemanfaatan pegadaian syariah studi kasus Unit Pegadaian Syariah Ngaliyan Square

Main Author: Romadhoni, Eni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9647/1/SKRIPSI%20ACC.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9647/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya yang dilakukan pegadaian syariah dalam menarik nasabah untuk memanfaatkan jasa pegadaian syariah. Pegadaian syariah masih terbilang baru, sehingga perlu pemasaran yang cukup signifikan untuk menarik minat nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix terhadap pertimbangan nasabah dalam pemanfaatan pegadaian syariah. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis kuantitatif, yaitu analisis data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic. Metode pengumpulan data diperoleh dari menyebarkan kuesioner kepada para nasabah. Uji hipotesis menggunakan metode analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari beberapa variabel bebas dengan variabel terikat yaitu marketing mix terhadap pertimbangan nasabah. Hasil penelitian ini Y = 8,056 + 0,52 (X1) + 0,52 (X2) + 0, 155 (X3) + 0,165 (X4) dan signifikasi 0.001 < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian koefisien regresi (uji t) menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,987 > 1,676 ttabel., sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), promosi (X5) berpengaruh terhadap variabel pertimbangan nasabah (Y). Dalam koefisien determinasi diketahui nilai koefisien sebesar 0,264. Diasumsikan bahwa pengaruh marketing mix terhadap pertimbangan nasabah sebesar 26,4%, sisanya 73,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.