Analisis perbandingan profitabilitas perusahaan sebelum dan sesudah penerapan e-commerce studi pada perusahaan sub sector retail trade dalam Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) di Bursa Efek Indonesia

Main Author: Puspita, Nanda Tri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9627/1/1405026067.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9627/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Salah satunya dalam bidang ekonomi yang pada beberapa tahun terakhir marak terjadi yang dikenal dengan istilah e-commerce. Banyak pengusaha yang telah menerapkan sistem ini. Namun belum diketahui apakah sistem ini berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan dibandingkan dengan sebelum menerapkannya. Dari latar belakang masalah tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Perbandingan Profitabilitas Perusahaan Sebelum Dan Sesudah Penerapan E-Commerce (Studi Pada Perusahaan Sub Sector Retail Trade Dalam Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) Di Bursa Efek Indonesia)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah terdapat perbedaan profitabilitas yang diukur dengan Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan sub sector retail trade sebelum dan sesudah menerapkan e-commerce, (2) Apakah terdapat perbedaan profitabilitas yang diukur dengan Return on Assets (ROA) pada perusahaan sub sector retail trade sebelum dan sesudah menerapkan e-commerce, (3) Apakah terdapat perbedaan profitabilitas yang diukur dengan Return on Equity (ROE) pada perusahaan sub sector retail trade sebelum dan sesudah menerapkan e-commerce. Populasi dalam penelitian ini adalah emiten sub sector retail trade yang masuk dalam Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) selama periode penelitian. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode Purposive Sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan kriteria tertentu, dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 4 emiten. Metode pengumpulan data melalui studi pustaka dan dokumentasi data sekunder, dengan teknik analis uji beda menggunakan Paired Sample T-Test dan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap NPM sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,829>0,05. Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ROA antara periode sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,354>0,05, Tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ROE antara periode sebelum dan sesudah penerapan e-commerce dengan nilai signifikansi sebesar 0,204>0,05. Dengan kata lain, semua hipotesis (Ha1, Ha2, Ha3) ditolak dan H0 diterima.