ctrlnum 961
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/</relation><title>Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA melalui Model Numbered Heads Together pada Materi Benda dan Sifatnya Semester I Kelas IV di MI NU Magelung Kaliwungu Selatan Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Ariyanti, Ihti</creator><subject>531 Classical mechanics Solid mechanics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah dengan menggunakan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya di kelas IV MI NU Magelung Kaliwungu Selatan Kab Kendal.&#xD; Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IV MI NU Magelung. Pra siklus proses pembelajaran IPA di kelas IV peserta didik masih kurang paham dengan apa yang diajarkan oleh guru dan peserta didik merasa bosan dengan suasana yang kurang menarik, seperti dalam proses belajar mengajar peserta didik mengobrol sendiri, dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaranNumbered Heads Together yaitu kelas IV MI NU Magelung yang jumlah peserta didik ada 25. Pengumpulan data ini dengan menggunakan tes. Dan teknik analisis datanya menggunakan tes. Dengan KKM yang sudah ditentukan yaitu 65 &#xD; Pada saat dilaksanakan model pembelajaran Numbered Heads Together, suasana pembelajaran menjadi lebih hidup dengan suasana yang baru, disamping belajar peserta didik juga bisa bermain sehingga pada akhirnya dapat memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mengadakan tes pra siklus untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi benda dan sifatnya. Hal ini sangat penting karena akan dijadikan dasar nilai awal. Tahap kedua adalah pelaksanaan siklus I dan siklus II. Sedangkan tahap ketiga adalah penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata 57,4 dengan ketuntasan belajar 36%. Setelah dilaksanakan menerapkan model pembelajaranNumbered Heads Together hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 60,6 dengan ketuntasan belajar sebanyak 48%. Pada siklus II diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 81,2 dengan ketuntasan belajar s 96%. Dari data tersebut jelas, bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaranNumbered Heads Togetether&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semu&#xD; </description><date>2012-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/1/083911028_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/2/083911028_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/3/083911028_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/4/083911028_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/5/083911028_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/6/083911028_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/7/083911028_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Ariyanti, Ihti (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA melalui Model Numbered Heads Together pada Materi Benda dan Sifatnya Semester I Kelas IV di MI NU Magelung Kaliwungu Selatan Tahun Ajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>961</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ariyanti, Ihti
title Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA melalui Model Numbered Heads Together pada Materi Benda dan Sifatnya Semester I Kelas IV di MI NU Magelung Kaliwungu Selatan Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2012
topic 531 Classical mechanics Solid mechanics
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/1/083911028_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/2/083911028_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/3/083911028_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/4/083911028_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/5/083911028_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/6/083911028_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/7/083911028_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/961/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah dengan menggunakan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi benda dan sifatnya di kelas IV MI NU Magelung Kaliwungu Selatan Kab Kendal. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada peserta didik kelas IV MI NU Magelung. Pra siklus proses pembelajaran IPA di kelas IV peserta didik masih kurang paham dengan apa yang diajarkan oleh guru dan peserta didik merasa bosan dengan suasana yang kurang menarik, seperti dalam proses belajar mengajar peserta didik mengobrol sendiri, dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Hal ini disebabkan proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaranNumbered Heads Together yaitu kelas IV MI NU Magelung yang jumlah peserta didik ada 25. Pengumpulan data ini dengan menggunakan tes. Dan teknik analisis datanya menggunakan tes. Dengan KKM yang sudah ditentukan yaitu 65 Pada saat dilaksanakan model pembelajaran Numbered Heads Together, suasana pembelajaran menjadi lebih hidup dengan suasana yang baru, disamping belajar peserta didik juga bisa bermain sehingga pada akhirnya dapat memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mengadakan tes pra siklus untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi benda dan sifatnya. Hal ini sangat penting karena akan dijadikan dasar nilai awal. Tahap kedua adalah pelaksanaan siklus I dan siklus II. Sedangkan tahap ketiga adalah penyempurnaan data dan penyusunan laporan. Pada kondisi awal hasil belajar peserta didik sangat rendah yaitu rata-rata 57,4 dengan ketuntasan belajar 36%. Setelah dilaksanakan menerapkan model pembelajaranNumbered Heads Together hasil belajar peserta didik meningkat. Pada siklus I diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 60,6 dengan ketuntasan belajar sebanyak 48%. Pada siklus II diperoleh data rata-rata hasil belajar peserta didik 81,2 dengan ketuntasan belajar s 96%. Dari data tersebut jelas, bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaranNumbered Heads Togetether Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semu
id IOS2754.961
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:46:58Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:37Z
recordtype dc
_version_ 1765821469699342336
score 17.538404