Penerapan Model Pembelajaran, Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada Mata Pelajaran Al-Qur’an dan Hadis (studi proses di Kelas XI MAN 2 Kudus)
Main Author: | Al-Fadly, Khoirul Huda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/96/1/Fadly_Tesis_Sinopsis.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/96/2/Fadly_Tesis_Bab1.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/96/3/Fadly_Tesis_Bab2.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/96/4/Fadly_Tesis_Bab5.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/96/ |
Daftar Isi:
- MAN 2 Kudus khususnya kelas XI pada proses pembelajaran al-Qur’am Hadis\ yang terdiri dari berbagai latar belakang peserta didik dengan kemampuan yang berbeda-beda memberikan model pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, tidak seperti selama ini yang hanya mengembangkan pembelajaran dengan satu arah yang lebih banyak mengandalkan ceramah, salah satu yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan karakteristik dan kemampuan yang berbeda adalah dengan menggunakan metode Aptitude Treatment Interaction (ATI). ATI sebagai salah bentuk metode dilakukan guru al-Qur’an Hadis\ kelas XI MAN 2 Kudus dengan memberikan bimbingan yang beragam kepada peserta didik sesuai tingkat kemampuan, sehingga mereka akan mudah memahami proses pembelajaran yang dilakukan, karena mereka mendapat perlakuan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis mmelalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penenlitian menunujukkan 1) pelaksanaan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis\ di kelas XI MAN 2 Kudus dilakukan dengan membagi peserta didik dalam 3 kelompok disesuaikan dengan kemampuannya (tinggi, sedang dan rendah), bagi peserta didik yang berkemampuan rendah perlakuannya adalah dengan membimbing mereka satu persatu terutama dari sudut bacaan dan tulisan, bagi peserta didik yang berkemampuan sedang perlakuannya dengan proses pembelajaran reguler dengan berbagai variasi seperti diskusi dan tanya jawab, bagi peserta didik yang berkemampuan tinggi perlakuan dengan belajar mandiri dengan lebih banyak mempersilahkan peserta didik mengkaji materi QS Al-Baqarah :148; QS Al-Faathir : 32 dan QS an-Nahl : 97. 2) Implikasi penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadis\ di kelas XI MAN 2 Kudus bagi pengembangan pembelajaran peserta didik dilihat dari penghargaan terhadap kemampuan yang dimiliki oleh setiap peserta didik sehingga mereka belajar yang mereka bisa, bentuk pemberian pelayanan yang berbeda ini memberikan kesempatan yang luas pada diri peserta didik untuk mengembangkan pembelajarnnya dan mereka akan selalu termotivasi untuk mengembankan kemampuannya dalam mengetahui dan memahami materi yang ada dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis\ khususnya pada materi pokok QS Al-Baqarah :148; QS Al-Faathir : 32 dan QS An-Nahl : 97.