Strategi adaptasi madrasah pesisir dalam merespon MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) studi kasus Madrasah Aliyah (MA) berbasis vokasional Al-Irsyad Gajah Demak

Main Author: Junaedi, Mahfud
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M UIN Walisongo , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9539/1/Mahfud_Junaidi-PENELITIAN%204.%20STRATEGI%20ADAPTASI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9539/
Daftar Isi:
  • Judul lengkap dari penelitian ini adalah “Strategi Adaptasi Madrasah Pesisir dalam Merespon MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) (Studi Kasus Madrasah Aliyah (MA) Berbasis Vokasional Al-Irsyad Gajah Demak)”. Pokok masalah penelitian ini ialah: Mengapa MA Al Irsyad Gajah Demak melakukan adaptasi terhadap tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)? Dan untuk menjawab pokok masalah tersebut perlu dijawab pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut: a) Bagaimana strategi adaptasi yang ditempuh MA Berbasis Vokasional Al Irsyad Gajah Demak dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)? Dan b) Apa saja upaya yang dilakukan oleh MA Berbasis Vokasional Al-Irsyad Gajah dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif (Qualitatif Approach) sehingga penulis hanya melakukan interpretasi data yang terkumpul. Data yang menjadi fokus penelitian ini adalah bentuk strategi adaptasi dan upaya yang dilakukan MA Al Irsyad Gajah Demak madrasah dalam menghadapi MEA. Temuan dari penelitian ini adalah 1) Strategi adaptasi yang ditempuh MA Al Irsyad dalam merespon Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dengan dua bentuk strategi adaptasi yaitu strategi adaptasi inovasi (cultural innovation-adoption), dan reproduksi (cultural reproduction), yang dilakukan melalui tiga cara yaitu: revived tradition, recreated tradition, dan invented tradition; dan 2) Upaya-upaya yang dilakukan MA Al Irsyad Gajah Demak adalah: a) Peneguhan tafaqquh fiddin dengan cara berintegrasi dengan pondok pesantren Al Irsyad Al Mubarok dan program madrasah tahfidz, b) penerapan program pendidikan perspektif global dengan menerapkan (1) madrasah vokasional yang meliputi program keterampilan tata busana, program keterampilan teknik perbaikan dan perawatan sepeda motor (otomotif), program keterampilan elektro / listrik, program keterampilan teknik multi media, dan program keterampilan teknik komputer jaringan, di samping program-program ekstra kurikuler; (2) madrasah literasi; dan (3) madrasah riset.