Epistemologi pemikiran pendidikan kaum radikal analisis kritis tentang pendidikan jihad Abdullah Azzam dalam buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wa al-Bina’

Main Author: Junaedi, Mahfud
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M UIN Walisongo , 2017
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9529/1/Mahfud_Junaidi-PENELITIAN%202.%20EPISTEMOLOGI%20PEMIKIRAN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9529/
ctrlnum 9529
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9529/</relation><title>Epistemologi pemikiran pendidikan kaum radikal : analisis kritis tentang pendidikan jihad Abdullah Azzam dalam buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wa al-Bina&#x2019;</title><creator>Junaedi, Mahfud</creator><subject>297.72 Jihad</subject><subject>297.77 Islamic religious education</subject><description>Judul lengkap dari penelitian ini adalah &#x201C;Epistemologi Pemikiran Pendidikan Kaum Radikal (Analisis kritis tentang pendidikan jihad Abdullah Azzam Buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wal Bina&#x2019;)&#x201D;. Pokok masalah penelitian ini ialah: Bagaimana epistemologi pendidikan kaum radikal menurut Abdullah Azzam dalam buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wal Bina&#x2019;? Bagaimana implikasi pemikiran Abdullah Azzam tentang jihad dalam buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wal Bina&#x2019;terhadap gerakan radikalisme? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan pendekatan rasionalistik dengan metode pembahasan induksi dan deduksi, metode komparasi, serta metode interpretasi.&#xD; Temuan dari penelitian ini adalah 1) Pengalaman masa kecil Abdullah Azzam berada di wilayah konflik dan terlibat dalam perjuangan melawan Israel mempengaruhi pemikirannya yang terkonsentrasi pada perang dengan segala cara sebagai satu-satunya jalan untuk memperoleh kemenangan; 2) Pemikirannya banyak dipengaruhi oleh tokoh-tokoh dan pemikir yang dia idolakan yaitu Ibnu Taimiyah dan Sayyid Qutb; 3) Menurutnya, negara-negara berpenduduk Muslim yang mengadopsi sistem negara Barat adalah bathil dan wajib diperangi; 4) Pemikirannya berpijak pada teori bahwa hakekat negara Islam adalah satu negara yang berbentuk pemerintahan Islam (daulah Islamiyah). Praktek agama Islam (dinul Islam) tidak sempurna tanpa kehadiran Daulah Islamiyah; 5) Menjaga keutuhan wilayah Islam merupakan tanggung jawab seluruh umat Islam dengan cara jihad yang bermakna qital; 6) Istinbath hukum yang dilakukan Abdullah Azzam tidak mempertimbangkan aspek maqashid al-syariah dan tidak menggunakan metode yang biasa digunakan para mujtahid yang mengambil sumber dari al-Qur&#x2019;an, Hadits, Ijma&#x2019;, Qiyas, Istihsan dan seterusnya. Serta tidak memperhatikan prosedur ilmiah yang benar; 7) Pemikirannya berpengaruh suburnya radikalisme dan terorisme di dunia, di antaranya al-Qaeda, ISIS, dan beberapa kelompok dan perorangan di Indonesia yaitu Jamaah Islamiyah (JI), Majlis Mujahidin Indonesia (MMI), Jamaah Ansharut Tauhid (JAT), Imam Samudra, Amrozi, Ali Ghurfon, dan beberapa kelompok lainnya; 8) Solusi terhadap radikalisme-terorisme bisa dilakukan dengan deradikalisasi, rehabilitasi-reintegrasi, dan pendekatan kesejahteraan.</description><publisher>LP2M UIN Walisongo</publisher><date>2017</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9529/1/Mahfud_Junaidi-PENELITIAN%202.%20EPISTEMOLOGI%20PEMIKIRAN.pdf</identifier><identifier> Junaedi, Mahfud (2017) Epistemologi pemikiran pendidikan kaum radikal : analisis kritis tentang pendidikan jihad Abdullah Azzam dalam buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wa al-Bina&#x2019;. Research report (Laporan penelitian). LP2M UIN Walisongo, Semarang. </identifier><recordID>9529</recordID></dc>
language eng
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Junaedi, Mahfud
title Epistemologi pemikiran pendidikan kaum radikal : analisis kritis tentang pendidikan jihad Abdullah Azzam dalam buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wa al-Bina’
title_sub analisis kritis tentang pendidikan jihad Abdullah Azzam dalam buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wa al-Bina’
publisher LP2M UIN Walisongo
publishDate 2017
topic 297.72 Jihad
297.77 Islamic religious education
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9529/1/Mahfud_Junaidi-PENELITIAN%202.%20EPISTEMOLOGI%20PEMIKIRAN.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9529/
contents Judul lengkap dari penelitian ini adalah “Epistemologi Pemikiran Pendidikan Kaum Radikal (Analisis kritis tentang pendidikan jihad Abdullah Azzam Buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wal Bina’)”. Pokok masalah penelitian ini ialah: Bagaimana epistemologi pendidikan kaum radikal menurut Abdullah Azzam dalam buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wal Bina’? Bagaimana implikasi pemikiran Abdullah Azzam tentang jihad dalam buku Fi al-Tarbiyah al-Jihadiyah wal Bina’terhadap gerakan radikalisme? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan pendekatan rasionalistik dengan metode pembahasan induksi dan deduksi, metode komparasi, serta metode interpretasi. Temuan dari penelitian ini adalah 1) Pengalaman masa kecil Abdullah Azzam berada di wilayah konflik dan terlibat dalam perjuangan melawan Israel mempengaruhi pemikirannya yang terkonsentrasi pada perang dengan segala cara sebagai satu-satunya jalan untuk memperoleh kemenangan; 2) Pemikirannya banyak dipengaruhi oleh tokoh-tokoh dan pemikir yang dia idolakan yaitu Ibnu Taimiyah dan Sayyid Qutb; 3) Menurutnya, negara-negara berpenduduk Muslim yang mengadopsi sistem negara Barat adalah bathil dan wajib diperangi; 4) Pemikirannya berpijak pada teori bahwa hakekat negara Islam adalah satu negara yang berbentuk pemerintahan Islam (daulah Islamiyah). Praktek agama Islam (dinul Islam) tidak sempurna tanpa kehadiran Daulah Islamiyah; 5) Menjaga keutuhan wilayah Islam merupakan tanggung jawab seluruh umat Islam dengan cara jihad yang bermakna qital; 6) Istinbath hukum yang dilakukan Abdullah Azzam tidak mempertimbangkan aspek maqashid al-syariah dan tidak menggunakan metode yang biasa digunakan para mujtahid yang mengambil sumber dari al-Qur’an, Hadits, Ijma’, Qiyas, Istihsan dan seterusnya. Serta tidak memperhatikan prosedur ilmiah yang benar; 7) Pemikirannya berpengaruh suburnya radikalisme dan terorisme di dunia, di antaranya al-Qaeda, ISIS, dan beberapa kelompok dan perorangan di Indonesia yaitu Jamaah Islamiyah (JI), Majlis Mujahidin Indonesia (MMI), Jamaah Ansharut Tauhid (JAT), Imam Samudra, Amrozi, Ali Ghurfon, dan beberapa kelompok lainnya; 8) Solusi terhadap radikalisme-terorisme bisa dilakukan dengan deradikalisasi, rehabilitasi-reintegrasi, dan pendekatan kesejahteraan.
id IOS2754.9529
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2019-05-05T03:23:34Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:12Z
recordtype dc
_version_ 1765821523532185600
score 17.538404