Pengembangan PAI kontra radikalisme

Main Author: Junaedi, Mahfud
Format: Proceeding NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9527/1/Mahfud_Junaidi-MAKALAH%204.%20PENGEMBANGAN%20PAI%20KONTRA%20RADIKALISME.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9527/
Daftar Isi:
  • Radikalisme perlu ditangani dari berbagai sektor. Tidak hanya berhenti pada tataran penegakkan hukum. Namun, perlu ada upaya preventif agar penyebaran paham dan gerakan radikalisme tidak berkembang di lingkup madrasah. Upaya yang dilakukan yakni dengan cara memberikan pemahaman komprehensif tentang Islam. Nilai-nilai kontra radikalisme yang diajarkan di MA Al- Asror meliputi, pemahaman tentang jihad inklusif, memupuk toleransi, pemahaman yang komprehensif tentang khilafah, mencegah terorisme dan kekerasan dalam menegakkan Islam. Nilai-nilai ini diaplikasikan dalam sebuah sistem sebagai wujud pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam dengan cara mengaitkan nilai-nilai kontra radikalisme ke dalam komponen kurikulum yakni; (1) Tujuan meliputi tiga ranah; kognitif, afektif, dan psikomotor. (2) Materi secara eksplisit terdapat pada materi PAI MA. Bisa pula materi disampaikan sebagai sisipan ketika proses pembelajaran di kelas. (3) Strategi yang digunakan adalah pembelajaran kontekstual dengan beragam metode. (4) Evaluasi dari sisi sikap dan perilaku peserta didik. Proses transfer nilai kontra radikalisme juga dilaksanakan berupa kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Internalisasi nilai juga disisipkan pada pengondisian madrasah, pemahaman dan pendekatan guru, metode yang digunakan guru, dan program-program yang terencana dan sistematis. Hal itu merupakan bagian dari kurikulum tersembunyi (hidden curriculum) di MA Al- Asror.