Kurikulum madrasah di Bangka studi kasus Madrasah Dinyah Tarbiyatul Hidayah Sungailiat Bangka
Main Author: | Junaedi, Mahfud |
---|---|
Format: | Proceeding NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9525/1/Mahfud_Junaidi-MAKALAH%202.%20KURIKULUM%20MADRASAH%20DI%20BANGKA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9525/ |
Daftar Isi:
- Madrasah di Bangka dihadapkan pada ancaman dan tantangan yang diakibatkan oleh perkembangan dan kemajuan zaman (globalisasi). Madrasah di Bangka memandang globalisasi sebagai ancaman terhadap identitasnya, terutama integritas tradisi keagamaan dan akhlak serta moralitas generasi muda. Selain itu madrasah di Bangka juga melihat globalisasi sebagai tantangan yang harus dihadapi, bukan dihindari. Sedemikian rupa sehingga madrasah dituntut untuk beradaptasi secara baik terhadap segala ancaman dan tantangan yang dihadapinya dengan sebaik-baiknya. Dari penelitian terhadap madrasah ditemukan dua bentuk strategi adaptasi yang dilakukan oleh madrasah di Bangka, sebagai madrasah yang adaptif dan terbuka terhadap segala bentuk perubahan dan perkembangan zaman, globalisasi, yaitu strategi reproduksi (reproduction strategy) dan strategi adopsi inovasi (inovation - adoption strategy). Strategi reproduksi yakni berupa Madrasah di Bangka menempatkan pembelajaran agama (tafaqquh fi al-din) sebagai penangkal dan penyaring (filter) serta sebagai instrumen untuk melawan semua dampak negatif globalisasi, sehingga tafaqquh fi aldin menjadi sesuatu yang sangat krusial dalam madrasah di Bangka.