Strategi dakwah Lembaga dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Semarang Barat

Main Author: Pamungkas, Putri Alit
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9514/1/Putri%20Alit%20Pamungkas%20___1401036024.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9514/
Daftar Isi:
  • Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) merupakan organisasi Islam yang ada di Indonesia, sejak awal kemunculannya selalu di pandang negatif oleh sebagian masyarakat Indonesia, tetapi seiring berjalannya waktu LDII dapat mempertahankan eksistensinya hingga saat ini, hal ini dibuktikan dengan adanya kepengurusan LDII di berbagai tempat diantaranya di Kecamatan Semarang Barat kota Semarang. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Semarang Barat?, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan strategi dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Semarang Barat? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Semarang Barat dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Semarang Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi adapun analisanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan mereduksi data, kemudian menyajikan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dakwah yang dilakukan oleh Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Semarang Barat menggunakan 3 strategi dakwah, yaitu: strategi sentimentil, strategi ta’lim dan strategi tilawah. Hal penting lainnya dalam pelaksanaan strategi dakwah adalah : 1) Perumusan strategi dakwah yang terdiri dari pengenalan sasaran dakwah, penentuan subjek dakwah, pengkajian tujuan, dan efektifitas serta efisiensi 2) Implementasi strategi dakwah yang terdiri dari pengorganisasian, pelaksanaan, penganggaran dan pengawasan. Adapun faktor pendukung diantaranya adalah adanya dorongan orangtua bagi jamaah anak-anak dan remaja, adanya dukungan dari pemerintah, adanya sistem manajemen yang bagus dan adanya kerjasama dengan instansi-instansi lainnya baik negeri ataupun swasta. Faktor penghambat diantaranya adalah adanya jamaah yang bermalas-malasan untuk berangkat mengaji/kegiatan lainnya, ustadz/pengajar yang kurang menarik memberikan materi., masih adanya pandangan negatif dari masyarakat tentang LDII, dan sarana dan prasarana kurang memadai.