Strategi pemasaran jilbab di toko Wearehijab Semarang dalam perspektif dakwah

Main Author: Kurniawati, Dewi Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9509/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9509/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini fokus terhadap strategi pemasaran Toko Wearehijab Kota Semarang salah satu perusahaan yang bergelut dalam bidang “kebutuhan skunder”, yakni menyediakan berbagai produk jilbab. Dalam memasarkan produknya tentunya toko tersebut memiliki metode pemasaran tersendiri untuk mendapatkan profit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran jilbab di Toko Wearehijab Kota Semarang serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari strategi pemasaran jilbab di Toko tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Informasi yang didapatkan dalam penelitian ini, diperlukan beberapa metode pengumpulan data, yaitu dengan menggunakan metode observasi non partisipasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kemudian verivikasi data. Penilitian ini menyimpulkan, bahwa strategi pemasaran yang digunakan toko “Wearehijab Kota Semarang” yaitu: 1) Strategi produk, strategi harga, strategi tempat atau lokasi, dan strategi promosi, yang dikenal dengan 4-P; 2) Karakteristik pemasaran Islami; etika bisnis Islam, dan; mencontoh pemasaran Nabi Muhammad saw yang meliputi; pertama karakteristik pemasaran toko Wearehijab dengan menanamkan a) Asas tauhid, b) Asas orientasi dunia akhirat, b) Motivasi mardhotillah, c) Keyakinan ubudiyyah dalam bekerja dan d) Kesadaran ihsaniyyah dalam bekerja; kedua etika bisnis Islami dengan menenamkan pada karyawan agar bertindak, berlaku dan bertutur secara jujur, dapat dipercaya, cerdas, komunikatif, dan strategi pemasaran Islami yang terakhir ialah mencontoh strategi pemasaran Nabi saw, yaitu bermuara pada konsep robbaniyyah- religius, yaitu dengan menanamkan karakteristik di atas. Selain itu, juga menanamkan kebiasaan untuk menjalankan shalat dhuha terlebih dahulu sebelum memulai bekerja, etis- yaitu menamkan pelayanan yang sesuai dengan prinsip syari’ah, realitas- fleksibel, yaitu produk kekinian tetapi tetap sesuai dengan syari’ah, harga fleksibel dan terdapat hak khiyar di dalamnya, humanistis- berlandaskan kemanusiaan. Sedangkan secara sederhana konsep pemasaran toko Wearehijab Kota Semarang memiliki startegi pemasaran ofline dan online. Kelebihan dari strategi online diantaranya ialah mempermudah memperkenalkan, memasarkan dan menjual produknya diseluruh dunia karena menggunakan akses media sosial seperti FB, WA, Toko Shopie dan lainnya. Sedangkan kekurangan ofline ialah akses tidak menyeluruh, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperkenalkan, dan menjual produk hijabnya.