Citra perempuan dalam iklan televisi analisis semiotika pada iklan Shampoo Sunsilk berhijab dan non hijab
Main Author: | Marsela, Anis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9501/1/SKRIPSI%20FULL.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9501/ |
Daftar Isi:
- Citra perempuan merupakan penggambaran atau cerminan sosok perempuan melalui semua yang ada pada dirinya. Citra seringkali berkaitan dengan dunia periklanan. Produser pembuat iklan berusaha melakukan pembentukan citra sesuai dengan produk yang ditawarkan. Tidak sedikit iklan yang menyajikan citra perempuan baik dalam urusan domestik maupun publik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan citra perempuan dalam iklan shampoo berhijab dan non hijab dari produk Sunsilk dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda dan melakukan klasifikasi jenis tanda berdasarkan objeknya yaitu ikon, indeks, dan simbol. Kemudian diberikan pemaknaan atas tanda-tanda tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan memakai pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Dalam usaha mencari makna suatu tanda, Peirce membuat teori triangle meaning yang terdiri atas sign, object, dan interpretant. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan Sunsilk berhijab dan non hijab perempuan selalu ingin tampil menarik yaitu dengan mempertegas sifat kewanitaannya secara fisik.