Survey kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan IAIN Walisongo

Main Author: Musahadi, Musahadi
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: LP2M IAIN Walisongo , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9417/1/9_Musahadi_SURVEY_KEPUASAN_MAHASISWA.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9417/
Daftar Isi:
  • Untuk mewujudkan visi dan misi IAIN Walisongo perlu mendapat perhatian adalah mempertimbangkan aspek kepuasan mahasiswa. Pentingnya perhatian khusus pada kepuasan mahasiswa juga dilandasi kesadaran IAIN Walisongo akan semakin ketatnya ancaman persaingan dengan perguruan tinggi yang membuka program sejenis. OIeh karena itu, diperlukan informasi berupa suvai pengukuran kepuasaan mahasiswa dalam rangka pengembangan kualitas pelayanan yang terus menerus dan berkesinambungan. Hasil survai pengukuran kepuasan mahasiswa dapat memberikan sumbangan pemikiran yang positif bagi IAIN Walisongo dalam mewujudkan institusi yang kredibel dan dipercaya masyarakat Dilaksanakannya penelitian tentang survey kepuasan mahasiswa adalah untuk mempelajari cara-cara memperbaiki mutu dan meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di IAIN Walisongo. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan indeks kepuasan total dibentuk dari lima dimensi kualitas pelayanan yaitu responsiveness, reliability, emphaty, assurance dan tangibles. Kelima dimensi tersebut menggambarkan kepuasan dari customer dalam hal ini mahasiswa. Rata-tata indeks kepuasan mahasiswa IAIN Walisongo secara keseluruhan adalah sebesar 3.174 dan angka ini berada pada zona kepuasan cukup atau sedang. Kelima dimensi untuk mengukur kepuasan mahasiswa yaitu responsiveness, reability, emphaty, assurance dan tangibles berada pada zona kepuasan cukup. Hanya pada dimensi tangibles, indeks kepuasan paling rendah jika dibandingkan dengan dimensi lainnya.