Efektivitas pemanfaatan weblog terhadap hasil belajar peserta didik pada materi himpunan di Kelas VII MTs Negeri Pecangaan di Bawu Jepara semester genap tahun pelajaran 2011/2012
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan weblog terhadap hasil belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII semester II MTs Negeri Pecangaan Di Bawu Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Adapun permasalahan yang dihadapi di sekolah adalah peserta didik kelas VII mayoritas peserta didik yang pasif serta model pembelajaran yang membosankan sehingga membuat belajar peserta didik berkurang. Selain itu sumber belajar hanya menggunakan buku paket dari sekolah sedangkan ada sumber belajar yang selalu memberi pengetahuan yang lebih banyak dan ilmu pengetahuan yang baru. Oleh karena itu dengan memanfaatkan media pembelajaran weblog diharapkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi himpunan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Negeri Pecangaan di Bawu Batealit Jepara kelas VII semester genap tahun pelajaran 2011/ 2012, yang berjumlah 413 peserta didik yang terbagi menjadi 10 kelas yaitu kelas VII A sampai dengan VII J. Tehnik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 peserta didik dan kelas VII C sebagai kelas kontrol sebanyak 44 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan metode tes. Metode tes dengan menggunakan instrumen kemudian di uji validitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan reliabilitas. Data hasil penelitian yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menggunakan analisis uji-t. Dari penghitungan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar matematika materi himpunan peserta didik yang memanfaatkan weblog mempunyai nilai rata-rata 69,24 sedangkan hasil belajar matematika materi himpunan peserta didik yang tidak memanfaatkan weblog mempunyai nilai rata-rata 60,41. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh thitung = 2,575 sedangkan ttabel =1,67 maka H0 ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan weblog lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan memanfaatkan weblog lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Negeri Pecangaan di Bawu Jepara pada materi pokok Himpunan dan disarankan guru dapat terus mengembangkan pembelajaran dengan memanfaatkan weblog serta menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya.