Efektivitas penerapan strategi pembelajaran learning starts with a question (LSQ) terhadap keterampilan bertanya dan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Darul Ulum pada materi garis singgung lingkaran tahun ajaran 2016/2017

Main Author: Khaq, Raechan Iqbal Amirul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9371/1/pdf%20gabungan.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9371/
Daftar Isi:
  • Penelitian kali ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi siswa yakni masalah keterampilan bertanya dan prestasi belajarnya. Hal ini dikarenakan siswa tidak mau untuk bertanya, pertanyaan tidak sesuai dengan materi yang diajarkan, dan pertanyaan yang diajukan kurang jelas. Permasalahan inilah yang menyebabkan siswa menjadi tertinggal dan tidak faham akan apa yang disampaikan oleh guru, sehingga mempengaruhi prestasi belajarnya. Oleh karena itu, pada penelitian kali ini untuk mengetahui keefektivan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) pada materi Garis Singgung Lingkaran terhadap keterampilan bertanya dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Semarang tahun ajaran 2016/2017 yang terbagi menjadi 2 kelas sebanyak 50 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Yang mana terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Pada saat pembelajaran peneliti meminta bantuan guru mengobservasi siswa untuk menilai keterampilan bertanya, dan di akhir pembelajaran diberi tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa . Kemudian data yang terkumpul dari kelas Eksperimaen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata yaitu analasis uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata prestasi belajar siswa kelas eksperimen sebesar 65,77, Dan kelas kontrol memperoleh rata-rata 60,50. Dari uji hipotesis penelitian menggunakan uji t diperoleh t_hitung = 2,2448 dan t_(1-∝) = 2,010635 dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa t_(hitung > ) t_(1-∝). Kemudian berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata keterampilan bertanya siswa kelas eksperimen setelah mendapatkan strategi pembelajaran LSQ sebesar 61,05, sedangkan rata-rata sebelum mendapatkan strategi pembelajaran LSQ sebesar 41,45. Dengan demikian keterampilan bertanya siswa kelas eksperimen setelah mendapatkan strategi pembelajaran LSQ meningkat dibandingkan sebelum mendapatkan strategi pembelajaran LSQ. Dari hasil tersebut keterampilan bertanya dan prestasi belajar siswa dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) yang dilakukan pada kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih baik/efektif dari pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.