Pengembangan media pembelajaran kimia pada materi reaksi reduksi oksidasi kelas X IPA 1 MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu menggunakan software Prezi
Main Author: | Sucia, Fadila Sukma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9367/1/SKRIPSI%20FULL%20PDF.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9367/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dan pengembangan ini di latar belakangi dengan rendahnya kemampuan peserta didik dalam menjelaskan proses dan struktur dari suatu zat yang mengalami reaksi serta kurangnya media pembelajaran yang digunakan. Berdasarkan konsep IPA proses dan struktur dari suatu zat yang mengalami reaksi dapat dijelaskan melalui tiga level representasi. pemahaman tiga level representasi merupakan dasar untuk memahami kimia, sehingga perlu diwujudkan media pembelajaran dengan dilengkapi tiga level representasi. Peneliti mewujudkan media pembelajaran tersebut menggunakan Software Prezi. Tujuan pada penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Mulitiple Level Representation pada materi reaksi reduksi oksidasi menggunakan Software Prezi. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian pengembangna ini adalah 9 peserta didik kelas X IPA 1 MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu. Kualitas Media pembelajaran yang telah dikembangkan di validasi oleh 2 validator ahli, tanggapan guru kimia serta tanggapan peserta didik. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui kelayakan produk sesuai dengan persentase keidealan. Hasil uji kualitas media pembelajaran yang diperoleh dari penilaian validator ahli materi secara keseluruhan sebesar 95% dengan kategori keidealan sangat baik. Penilaian validator ahli media secara keseluruhan mencapai 100% dengan kategori keidealan sangat baik. Tanggapan guru kimia terhadap kualitas media pembelajaran sebesar 99,5% dengan kategori sangat baik. Tanggapan peserta didik secara keseluruhan mencapai 70,89% dengan kategori baik. Hasil pretest post test menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan nilai N-gain sebesar 0.56 dengan kategori sedang. Hasil uji kualitas media pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan dan diujikan lebih lanjut pada kelas besar untuk mengetahui kefektifannya.