Efektifitas penggunaan lembar kegiatan siswa (LKS) bermuatan multi level representasi materi kelarutan dan hasil kali kelarutan terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf Mranggen

Main Author: Mawadah, Nuri Fina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9365/1/Nuri%20Fina%20Mawadah___133711024.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9365/
Daftar Isi:
  • Hasil belajar mata pelajaran Kimia di MA Al-Ma’ruf yang rendah disebabkan karena sumber belajar yang masih menggunakan LKS dengan 2 level representasi, yakni level simbolik dan makroskopik. Konsep-konsep dalam Kimia banyak yang bersifat abstrak, terutama pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, sehingga dibutuhkan sumber belajar yang bermuatan level sub-mikroskopik dengan menampilkan mengenai struktur dan proses pada level partikel (atom/molekul), sehingga peserta didik mengetahui bagaimana proses dan struktur dari suatu zat yang mengalami reaksi. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Al-Ma’ruf sekaligus menjadi sampel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis uji t-test dengan uji hipotesis satu pihak. Hasil pretest penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 45,41 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 46,00. Hasil posttest penelitian ini menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 74,58 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 53,20. Berdasarkan analisis data akhir menunjukkan bahwa t = 8,28 dan ttabel = 1,678 ,t > ttabel maka signifikan. Hipotesis yang diajukan peneliti bahwa LKS bermuatan multi level representasi efektif terhadap hasil belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan peserta didik dapat diterima.