Studi komparasi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X antara yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam dan yang berlatar belakang pendidikan SMP umum di SMKN 4 Semarang

Main Author: Fitriani, Vella Sufah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9361/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9361/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam? (2) Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum? (3) Apakah ada perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an kelas X antara yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam dan yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan tes untuk memperoleh data kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas x yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam dan yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif.Adapun pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis uji perbedaan/uji-t independent. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1. Dari analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai tertinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam adalah 84 dan nilai terendah 65 dengan nilai rata-rata sebesar 74,553 dalam kategori “Baik” yaitu terletak dalam interval 75-77. 2. Dari analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai tertinggi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum adalah 75 dan nilai terendah 51 dengan nilai rata-rata sebesar 63,4dalam kategori “Baik” yaitu terletak dalam interval 63-66. 3. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis hipotesis dihasilkan nilai t hitung sebesar 9,091. Nilai t hitung sebesar 9,091tersebut lebih besar dibanding nilai t tabel sebesar 1,992 pada tingkat kepercayaan taraf 5% (t = 9,091>t(0,05;76) = 1,992) dan nilai t hitung sebesar 9,091 tersebut juga lebih besar dibanding nilai t tabel sebesar 2,642 pada tingkat kepercayaan pada taraf 1% (t = 9,091>t(0,01;76) = 2,642), jika t hitung lebih besar atau sama dengan nilai t tabel maka terima Ha dan tolak Ho. Berarti antara variabel Y1 (kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belaang pendidikan SMP Islam) dan variabel Y2 (kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum) terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam dan yang berlatar belakang pendidikan SMP Umum di SMKN 4 Semarang terdapat perbedaan yang signifikan.Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berlatar belakang pendidikan SMP Islam lebih baik karena banyak yang mengikuti rohis, dimana dalam rohis juga terdapat kegiatan membaca Al-Qur’an, jadi karena merekasebelumnya sudah banyak mendapat ilmu tentang membaca Al-Qur’andi MTs maupun SMP Muhammadiyah, ditambah di lingkungan rumah belajar membaca Al-Qur’an, mereka menjadi semakin baik dalam membaca Al-Qur’annya.