Efektivitas metode tutor sebaya terbimbing untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas X MA NU Nurul Huda Semarang pada materi hukum Newton
Main Author: | Maslakhah, Yuliana Dewi Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9351/1/133611061.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9351/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan metode tutor sebaya terbimbing untuk mereduksi miskonsepsi siswa kelas X MA NU Nurul Huda Semarang pada materi Hukum Newton. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA MA NU Nurul Huda Semarang semester ganjil tahun pelajaran 2017/ 2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pre-test-Posttest Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda beralasan, angket, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diambil adalah nilai hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes. Hasil analisis data penelitian dengan uji t menunjukkan t_hitung>t_tabel yang artinya hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Berdasarkan analisis peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen diperoleh nilai gain sebesar 0,42 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Hasil analisis derajat miskonsepsi siswa diperoleh kelas eksperimen mengalami pereduksian miskonsepsi sebesar 20% dan kelas kontrol sebesar 8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode tutor sebaya terbimbing efektif untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi Hukum Newton.