ctrlnum 935
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/</relation><title>Efektivitas pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012</title><creator>Arifah, Khonis</creator><subject>371 School management; special education</subject><subject>519 Probabilities and applied mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 80, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas VIIA yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas kontrol.&#xD; Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas.&#xD; Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 6.361, sedangkan t tabel =1.6671 Karena thitung &gt; t tabel maka berarti rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80.5 dan kelompok kontrol = 65.125, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012</description><date>2012-06-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/6/083511008_Coverdll.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/1/083511008_Bab1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/2/083511008_Bab2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/3/083511008_Bab3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/3/083511008_Bab4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/4/083511008_Bab5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/5/083511008_Bibliografi.pdf</identifier><identifier> Arifah, Khonis (2012) Efektivitas pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo. </identifier><recordID>935</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Arifah, Khonis
title Efektivitas pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan pada peserta didik kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012
publishDate 2012
topic 371 School management
special education
519 Probabilities and applied mathematics
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/6/083511008_Coverdll.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/1/083511008_Bab1.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/2/083511008_Bab2.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/3/083511008_Bab3.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/3/083511008_Bab4.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/4/083511008_Bab5.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/5/083511008_Bibliografi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/935/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dilaksanakan di MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII yang terbagi menjadi dua kelas dengan jumlah peserta didik 80, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel, dengan kelas VIIA yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB yang terdiri dari 40 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai ulangan harian sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data hasil belajar dari perlakuan yang berbeda didapat, maka dilakukan prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikan = 5% diperoleh thitung = 6.361, sedangkan t tabel =1.6671 Karena thitung > t tabel maka berarti rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 80.5 dan kelompok kontrol = 65.125, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan metakognitif dengan index card match efektif terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan kelas VII MTs Qodiriyah Harjowinangun Dempet Demak pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012
id IOS2754.935
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2016-11-12T03:46:57Z
last_indexed 2022-09-12T06:32:37Z
recordtype dc
_version_ 1765821469378478080
score 17.538404