Efektivitas penggunaan modul fisika materi bunyi berbasis unity of sciences terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTS Futuhiyyah 2 Mranggen tahun ajaran 2017/2018
Main Author: | Cahya, Ika Dwi Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9346/1/1403066040.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9346/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini didasarkan pada masalah dikotomi ilmu yang terjadi di MTs Futuhiyyah 2 Mranggen sehingga pembelajaran belum seluruhnya memuat aspek keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar pada penggunaan modul fisika materi bunyi berbasis unity of sciencessiswa kelas VIII di MTs Futuhiyyah 2 Mranggen, mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan modul pembelajaran fisika materi bunyi berbasis unity of sciences terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Futuhiyyah 2 Mranggen serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan modul fisika berbasis unity of sciences. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Rata-rata nilai siswa setelah diberi perlakuan menggunakan modul fisika berbasis unity of sciences lebih tinggi yaitu 74,73 dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan yaitu 61,7. Uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung = 5,56 dan ttabel =1,991 karena thitung>ttabel, maka hipotesis h1di terima ho di tolak yang berarti ada perbedaan hasil belajar pada penggunaan modul fisika berbasis unity of sciences pada materi bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Futuhiyyah 2 Mranggen. Rata-rata N gain peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen 0,61 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol 0,5berkriteria sedang. Respon siswa terhadap penggunaan modul fisika berbasis unity of sciences memperoleh hasil yang sangat baik dengan rata-rata 83,36%.