Identifikasi miskonsepsi menggunakan four-tier diagnostic test materi suhu dan kalor siswa SMA/MA

Main Author: Sulistiawarni, Wanudya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9343/1/1403066019.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9343/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengidentifikasi miskonsepsi siswa SMA/MA menggunakan four-tier diagnostic test berbentuk pilihan ganda pada materi Suhu dan Kalor. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan profil miskonsepsi siswa yang teridentifikasi dengan four-tier diagnostic test materi Suhu dan Kalor di SMA/MA. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Jatirogo tahun ajaran 2017/2018. Metode pengambilan data meliputi tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Four-tier diagnostic test adalah tes yang terdiri atas 4 tingkatan, yaitu soal dengan pilihan jawaban, pilihan tingkat keyakinan jawaban, pilihan alasan dan pilihan tingkat keyakinan alasan. Sebanyak 21 profil miskonsepsi siswa ditemukan pada materi Suhu dan Kalor dari hasil tes menggunakan instrumen tes yang telah diujikan.