Efektivitas penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences kelas VIII pada materi getaran dan gelombang terhadap hasil belajar peserta didik di MTS NU Banat Kudus
Main Author: | Tiara, Visa Mei |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9342/1/14030166018.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9342/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan modul pembelajaran fisika yang digunakan di MTs NU Banat Kudus belum diintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar di MTs NU Banat Kudus pada penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences kelas VIII materi getaran dan gelombang, seberapa besar efektivitas penggunaan modul unity of science serta respon peserta didik terhadap modul pembelajaran berbasis unity of sciences kelas VIII pada materi getaran dan gelombang di MTs NU Banat Kudus. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil dengan t_(hitung )=3,90 >〖 t〗_(tabel )= 1,988 dan taraf signifikan 5% yang membuktikan bahwa H_aditerima dan H_0 ditolak yang menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar di MTs NU Banat Kudus pada penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences kelas VIII materi getaran dan gelombang. Tingkat efektivitas kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu kelas eksperimen sebesar 0,56 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,34 dengan kategori sedang. Respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis unity of sciences di MTs NU Banat Kudus sebesar 84,04 % dengan kategori sangat baik.