Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu LKPD pada peningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik materi cahaya kelas VIII MTs Fatahillah Ngaliyan Semarang

Main Author: Hasanah, Uswatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9340/1/1403066002.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9340/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu LKPD pada peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dan jenis yang digunakan adalah Post-test Only Control Group. Sebelum diuji, kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu LKPD dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t dan peningkatan kemampuan berpikir kritis diuji menggunakan uji normal gain. Berdasarkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibadingkan kelas kontrol didapat bahwa t hitung> t tabel maka,