Pengaruh penggunaan modul fisika bercirikan integrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI materi momentum impuls dan tumbukan di MA Hidayatul Mubtadiin Sayung Demak

Main Author: Nurjanah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9337/1/133611051.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9337/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan modul fisika bercirikan integrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MA Hidayatul Mubtadiin Sayung Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test and pro-test one group design. Data penelitian ini didapatkan dari hasil pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan berupa penggunaan modul fisika bercirikan integrasi sains dan Islam). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes untuk memperoleh data kemampuan berpikir kritis siswa. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis Regresi linier sederhana. Berdasarkan perhitungan uji regresi sederhana untuk pengaruh X terhadap Y didapatkan hasil perhitungan a = 44,41, b = 0,56. Persamaan regresinya adalah Y=44,41+0,56X dengan Y merupakan prediksi skor siswa dalam nilai kemampuan berpikir kritis siswa dan X adalah skor pengaruh modul fisika bercirika integrasi sains dan Islam. Hasil perhitungan Uji regresi sederhana untuk pengaruh X terhadap Y dalam Hasil belajar kognitif siswa didapatkan hasil Fhitung > Ftabel (501,57 > 5,53), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan modul fisika bercirikan integrasi sains dan Islam terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.