Pengembangan media pembelajaran biologi berbasis permainan biodakon materi vertebrata kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara

Main Author: Alfiyah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9326/1/1403086023.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9326/
Daftar Isi:
  • Keterbatasan media pendukung kurikulum 2013 menjadikan peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media pembelajaran yang digunakan guru Biologi kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara; mengetahui media yang dibutuhkan peserta didik kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara; serta mengetahui kelayakan media pembelajaran Biologi berbasis permainan Biodakon materi Vertebrata di kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini terbatas dilakukan sampai tahap develop. Tahap define terdiri atas analisis ujung depan, analisis kebutuhan peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design merupakan perancangan media beserta seperangkatnya menggunakan aplikasi Corel DRAW X7. Tahap develop merupakan validasi media oleh ahli materi, ahli media, dan guru Biologi. Uji lapangan dilakukan pada kelas X MIA 1 MA Matholi’ul Huda Troso Jepara yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang sering digunakan guru Biologi kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara berdasarkan analisis angket kebutuhan peserta didik adalah 63% media gambar, 17% media video, 3% media berupa alat peraga, dan 17% media proyektor berupa PPT; media pembelajaran Biologi yang dibutuhkan peserta didik kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara berdasarkan analisis angket kebutuhan peserta didik adalah 26% media video, 3% media gambar 3D, 6% alat peraga, dan 65% media permainan; dan media pembelajaran Biologi berbasis permainan Biodakon materi Vertebrata sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran Biologi di kelas X MA Matholi’ul Huda Troso Jepara yang didasarkan pada validasi para ahli dengan persentase kelayakan ahli materi sebesar 81,4%, ahli media sebesar 85,6%, guru Biologi sebesar 85,4%, dan tanggapan peserta didik sebesar 86%.