Pengembangan modul biologi berintegrasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan inkuiri pada sub materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN Kendal
Main Author: | Ulya, Fadhliyatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9324/1/1403086009.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9324/ |
Daftar Isi:
- Buku paket yang digunakan di sekolah kurang menarik dan gambar yang ada di dalam buku paket hitam putih sehingga kurang menggambarkan keadaan sesungguhnya, sehingga perlu adanya pengembangan modul biologi yang lebih menarik dan dapat membuat peserta didik lebih aktif di dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul biologi berintegrasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan inkuiri pada sub materi pencemaran lingkungan kelas X di MAN Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Subjek penelitian ini adalah peserta didik MAN Kendal kelas X MIPA 6 yang berjumlah 31 orang. Untuk menentukan kelayakan modul yang dikembangkan dilakukan validasi oleh tim ahli, angket penilaian oleh guru dan peserta didik serta uji pemahaman peserta didik. Tim ahli terdiri dari 3 orang validator dari dosen Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang, data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui tingkat kelayakan modul sesuai dengan kriteria presentase keidealan. Hasil dari penelitian ini adalah tersusunnya modul pencemaran lingkungan berointegrasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan inkuiri yang bentuk pengembangannya sesuai dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Hasil validasi modul oleh ahli materi diperoleh presentase sebesar 77,41%, hasil validasi ahli materi bidang integrasi nilai-nilai Islam didapatkan presentase 80% dan hasil validasi oleh ahli media didapatkan presentase 71,33%. Ketiga penilaian oleh tim ahli menyatakan bahwa modul valid atau layak digunakan namun perlu direvisi kecil. Penilaian guru terhadap modul diperoleh presentase 66% yang termasuk kategori layak, dan penilaian peserta didik terhadap modul yang dikembangkan diperoleh presentase rata-rata 76,67% yang menyatakan bahwa modul layak digunakan sebagai bahan ajar. Penilaian uji pemahaman peserta didik yang diuji dengan menggunakan N-gain memperoleh skor 0,30 yang termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa Modul biologi berintegrasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan inkuiri pada sub materi pencemaran lingkungan layak digunakan sebagai bahan ajar.