Studi komparasi hasil belajar materi sistem ekskresi siswa kelas VIII dengan model pembelajaran tipe NHT (Numbered Head Together) dan tipe STAD (Student Team Achievment Division) di SMP N 1 Weleri

Main Author: Emelia, Qiqi Rizqi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9315/1/123811060.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9315/
Daftar Isi:
  • Pemilihan metode pembelajaran sangat penting karena dapat membantu mempermudah pemahaman peserta didik dan melatih kemampuan kognitifnya, terutama pada materi yang sulit seperti sistem ekskresi. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD (Student Team Achievment)(3) Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran yang menggunakan tipe STAD dan model pembelajaran tipe NHT di SMP N 1 Weleri Kendal Tahun 2018/ 2019. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan tehnik komparatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan melihat nilai rata-rata kelas pada pelajaran IPA siswa kelas VIII, diambil 2 kelas yang memiliki nilai rata-rata kelas sama atau mirip. Tehnik pengumpulan data yang digunakan : (1) test (2) Dokumentasi(3) Wawancara. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif. Hasil uji hipotesis penelitian menggunakan tehnik analisis komparasi yaitu menggunakan rumus t-score (t-test). Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : ”Ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran yang menggunakan tipe STAD dan model pembelajaran yang menggunakan tipe NHT di SMPN 1 Weleri Kendal”, dibuktikan dalam tes dengan hasil To (t hasil hitung) : 3,89 lebih besar dari Tt (t tabel) dalam taraf signifikansi 1% (2,65) dan Tt dalam taraf signifikansi 5% (1,99).