Pengembangan bahan ajar kimia berbasis project based learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit

Main Author: Saputri, Ranum
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9308/1/133711018.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9308/
Daftar Isi:
  • Ketidaktersedian bahan ajar di sekolah serta banyaknya peserta didik yang tidak tuntas dalam pembelajaran kimia menjadi permasalahan di MA NU Al-Hikmah Mijen. Disisi lain terdapat limbah pabrik tahu yang dapat dijadikan bahan pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan pengembangan bahan ajar kimia berbasis Project Base Learning(PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan bahan ajar kimia berbasis PjBL pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit dan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar kimia berbasis PjBL pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D dari Thiagarajan (1974) yaitu define, design, dan develop. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 10 A MA NU AlHikmah Mijen. Hasil validasi bahan ajar oleh seluruh ahli memperoleh rata-rata sebesar 85,78% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian proyek yang meliputi aspek proses, aspek produk, dan aspek sikap peserta didik memperoleh rata-rata 80,74. Hasil penilaian peserta didik terhadap bahan ajar diperoleh persentase sebesar 82,32% dengan kategori layak.