Pengembangan media pembelajaran berbasis fun chemistry blog pada materi reaksi reduksi dan oksidasi kelas X 1 SMAN 1 Wedung

Main Author: Normadana, Shofa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9307/1/133711012.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/9307/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi kurang variatifnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kimia dan jadwal pembelajaran kimia terletak pada jam terakhir sehingga peserta didik sulit memahami pembelajaran kimia, bosan, tegang dan mengantuk. Untuk itu perlu adanya media pembelajaran yang menyenangkan sehingga dikembangkan produk media pembelajaran fun chemistry blog. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kualitas produk media pembelajaran berbasis fun chemistry blog. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model Thiagarajan dkk yaitu difine (pendefinisian), design (Perancangan), develop (pengembangan), desiminate (Penyebaran). Namun tahap desimnate (penyebaran) tidak dilaksanakan. Pemilihan model pengembangan Thiagarajan dkk dikarenakan lebih sistematis dibanding yang lain. Karakteristik media pembelajaran fun chemistry blog yaitu materi yang disusun secara konstruktif, petunjuk penggunaan blog, konten komik kimia, lagu kimia, video pembelajaran, kolom komentar dan Kimia-Islami. Kualitas media pembelajaran diperoleh dari validator ahli media (73,55%) dengan kategori layak digunakan dan validator ahli materi (81,25%) dengan kategori sangat layak digunakan. Sedangkan tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran fun chemistry blog termasuk dalam kategori baik dengan presentase (78,55%). Dari hasil validasi dan tanggapan peserta didik dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis fun chemistry blog layak digunakan dan dapat di uji lanjut pada kelas besar untuk mengetahui keefektifannya.